Penerimaan Tamu Ambalan dan Pelantikan BANTARA

Pramuka SMA Al Muniroh

Ujungpangkah SMA Al Muniroh — Gugus Depan 16.099 / 16.100 Pangkalan SMA Al Muniroh mengadakan kegiatan Peneriman Tamu Ambalan dan Pelantika Penegak Bantara. Kegiatan ini dilaksanakan dari Tanggal (16-17/11). Upacara Pembukaan dilaksanakan di Lapangan SMA Al Muniroh. Kegiatan ini di buka oleh Kak Rozim selaku Waka Humas SMA Al Muniroh. “jadila generasi penerus yang cerdas, jujur dan bertanggung jawab” ungkap kak Rozim.

Dalam amanatnya, beliau berpesan agar setiap peserta didik dapat menjaga nama baik pribadi, gugus depan serta nama baik kwarran, serta selalu berpedoman pada tri Satya dan Berkepribadian Dasa Darma Pramuka.

Setelah upacara pembukaan,rangkaian kegiatan dilaksanakan dan materi diberikan kepada calon penegak yang akan dilantik menjadi penegak Bantara. Pada malam hari materi dibawakan oleh tamu undangan  dari Purna Pramuka yang juga merupakan alumni SMA Al Muniroh.

Calon penegak Bantara yang akan dilantik terlebih dahulu melaksanakan jurit malam, Gunanya untuk melatih kepemimpinan, mengasah keberanian dan memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan juga berkerjasama. Kegiatannya diakhiri dengan renungan malam. Pagi hari pembina pramuka melantik 12 siswa menjadi penegak bantara. Peserta perkemahan yang akan diterima sebagai tamu ambalan sebanyak 30 siswa.

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, Sore hari dilakukan upacara penutupan sekaligus penerimaan tamu ambalan tahun pelajaran 2021/2022. Upacara ditutup oleh pembina Pramuka sekaligus pemasangan  kacu dan tali kur secara simbolis menandakan telah sah menjadi Pramuka penegak Ambalan SMA Al Muniroh.

Dalam kepramukaan, Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan yang wajib bagi siswa/siswi baru untuk melakukan pindah golongan, dari golongan penggalang yaitu tingkatan SMP ke golongan penegak yaitu tingkatan SMA sederajat. Selain itu untuk memperkenalkan kepada siswa tentang sejarah kepramukaan yang ada di Ambalan.

Selamat dan Sukses kepada kakak-kakak yang telah dilantik menjadi penegak Bantara dan kakak yang sah menjadi Penegak di Ambalan KH. Munir Mawardi dan Nyai Hj. Titin Hamidah

Pelantikan Penegak Bantara dan Peneriman Tamu Ambalan secara resmi dilaksanakan pada hari Jumat (17/11),

Leave a Reply