HGN 2021 “Guru Uswah Pendidikan Bermarwah”

Upacara HGN 2021

25 November 2021 Hari Guru Nasional (HGN). Moment penting dalam dunia pendidikan untuk mengingat jasa-jasa perjuangan guru. Serentak HGN 2021 ini diperingati baik secara individu maupun secara kelembagaan. Berbagai ucapan dan jargon dalam bentuk stiker maupun banner menghiasi dunia pendidikan. Meskipun sederhahana bentuk ucapan ini menjadi motivasi sekaligus penghargaan terhadap guru.

HGN 2021 di SMA Al Muniroh kali ini diperingati dengan berbagai kegiatan. Upacara bendera Hari Guru Nasional 2021 menjadi kegiatan pembuka. Yang menjadi keunikan adalah guru bertindak sebagai pejabat dan petugas upacara. Hal ini dilakukan adalah memberi motivasi uswah (keteladanan) kepada para peserta didik.

Sejalan dengan itu, untuk penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Di samping itu upacara bendera pun menjadi sarana untuk menumbuh kembangkan sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

Setelah pelaksanaan upacara bendera Hari Guru Nasional 2021 dilanjutkan dengan acara seremonial yang dipersembahkan oleh OSIS SMA Al Muniroh. Berbagai penampilan pun di gelar dari pembacaan qirati, puisi sampai penyerahan cindera mata untuk para guru.

Ceremonial HGN 2021 sma al muniroh

Bentuk rasa terimakasih dan penghargaan oleh siswa terhadap guru merupakan ketulusan yang belum ternilai lebih terhadap jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh guru terhadap dirinya. Ungkap salah seorang siswa dalam syair puisinya.

Acara HGN 2021 di SMA Al Muniroh berjalan dengan khidmat dan meriah. Beragam sambutan dari OSIS, Guru dan Kepala sekolah menghiasi kesinergian diantara warga sekolah. Semua berperan sesuai dengan posisi dan kapasitasnya.

hgn 2021

Dalam sambutannya Kepala Sekolah mengatakan “Guru dan murid adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisah. Adanya guru karena adanya murid dan sebaliknya adanya murid juga karena adanya guru. Jadi murid dan guru harus sambung hatinya”. Lebih lanjut beliau mengatakan “Maka seyogyanya murid secara spiritual harus memberikan hadiah do’a fatihah kepada guru-gurunya”.

Lebih lanjut, “Dengan sinerginya antara murid dan guru dalam rasa ikatan batin maka pendidikan akan menjadi bermarwah. hal ini juga harus di dukung dengan uswah atau keteladanan guru sebagai pioner karakter”. Sebagai penutup sambutannya beliau mengatakan “Guru Uswah Pendidikan Bermarwah” Jika guru mampu memberikan contoh teladan yang baik dan benar maka pendidikan akan semakin bermartabat. Selamat Hari Guru Nasional semoga kita semua diberkahi. Aamiin.

Leave a Reply