LDKS “Siswa Penggerak Pendidikan Pulih”

ceremonial senior ldks sma al muniroh

LDKS OSIS SMA AL MUNIROH – Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/ LDKS adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa/siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi. LDKS menjadi syarat wajib bagi siswa yang akan masuk sebagai pengurus OSIS di sekolah.

Kamis 25 November 2021 berangkat diiringi dengan hujan lebat tidak menyurutkan langkah kami untuk tetap melaksanakan LDKS. Hujan tidak menjadi halangan bagi kami untuk memantapkan tekad membentuk karakter kami sebagai seorang pemimpin masa depan. Pantai Cemara menjadi pijakan tempat kami mengasah ilmu Leadership dibawah bimbingan senior-senior kami, juga bersama dengan guru-guru pembina yang menjadi support teladan membuat kami bangga akan keberadaannya.

Hari pertama meskipun dalam keadaan basah kuyup kami tetap satu sinergi merapatkan barisan untuk mengikuti upacara pembukaan. Dibawah komando Waka Kesiswan Bapak Miftakhul Ulum dan Waka Mutu Bapak Khusnul Ibad M, kami dibaiat janji untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas berat ini. Tidak satupun diantara kami yang mengatakan ingin pulang karena ketidaksiapan kondisi alam. Kami yakin, inilah langkah awal alam menggembleng kesiapan mental kami sebagai pemimpin masa depan kelak.

Dalam semboyan kami “Siswa Penggerak Pendidikan Pulih” menjadi motivasi kami untuk tidak beranjak meskipun hujan semakin deras mengguyur. Legah rasanya ketika instruksi pembina membubarkan barisan untuk berkemas ke basecamp dan mempersiapkan jadwal acara selanjutnya.

Pukul 19.00 WIB setelah melaksanakan kegiatan shalat isya’ berjamaah kami semua harus berkumpul di aula untuk mendapatkan pengaran dan paparan materi LDKS. Banyak yang kami dapatkan Materi-materi LDKS itu seperti; Keorganisasian, Organisasi dan Tata Tertib Sekolah, Administrasi Keorganisasian, serta Penyusunan Program Kerja dan Penyusunan Proposal dan lain sebagainya.

Sampai acara selesai pun kami tetap semangat karena pemateri tidak monoton dalam menyampikannya. Kami tetap bisa bercanda dan bersenang-senang. Inilah yang membuat kami betah untuk mengikuti meskipun banyak tugas yang harus juga kami selesaikan sebagai bentuk laporan kegiatan.

Pukul 23.00 WIB meskipun agak terlarut malam kami pun harus intirahat menyimpan energi untuk persiapan kegiatan esok harinya. Dengan bimbingan para senior dan guru pembina kami merasa puas meskipun belum banyak ilmu yang kami dapatkan karena keterbatasan waktu.

Di hari kedua, kami harus disiplin dan bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah sekaligus menerima materi kultum yang disampaikan oleh guru BK Bapak Mahzumi. Tidak mudah bagi kami untuk menjaga dan melaksanakan agenda jadwal acara yang sudah ditetapkan. Kami selalu di pantau oleh senior kami dalam penagwasan pendisiplinan.

Acara begitu padat, pukul 5.30 WIB kami menuju lapangan dengan pakaian olah raga yang lengkap untuk melaksanakan penyegaran jasmani. Senam pagi pun kami lakukan dengan riang gembira. Dalam LDK Fisik ini kami dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih tuntutan mentatai peraturan selama mengikuti.

senam pagi ldks sma al muniroh

Materi lanjutan seperti; Kepemimpinan, Komunikasi, Problem Solving / Challange, serta Dinamika Kelompok kami terima sebelum LDKS fisik dimulai. Serius namun tetap santai dengan canda tawa membuat kami tidak terasa selama berjam-jam menerima materi ini.

LDKS fisik

Berbagai keterampilan dasar seperti; baris berbaris, permainan (outbond), Permainan-permainan yang memiliki nilai kepemimpinan serta pengenalan kegiatan ekstrakurikuler harus kami penuhi semuanya. Kebersamaan menjadi poin penting dalam berorganisasi sehingga hukuman pun tetap ada dan harus kami terima ketika tidak hadir di tempat LDK tepat waktu.

Menjelang upacara penutupan hujan pun mengguyur kami lagi. Tetap semangat untuk sebuah mencapai titik nadir LDKS. Tetap bertahan untuk mendapatkan karakter yang terbaik. Hari yang begitu melelahkan namun terbayar sudah semua kegiatan LDKS ini dengan penuh suka cita. Bravo SMA Al Muniroh Ku.

Harapan kami semoga dengan bekal DLKS ini, kami bisa memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan kedepannya. Melalui jalur OSIS kami bangga menjadi siswa penggerak memulihkan dunia pendidikan yang sedang di landa sakit pandemi berkepanjangan. Semoga lekas sembuh Indonesiaku, semoga lekas membaik sekolahku.

OSIS SMA Al Muniroh. Pantai Cemara, 25-26 November 2021

Leave a Reply